Tips Merawat Wajah Agar Kulit Sehat Glowing

merawat wajah

Tips Merawat Wajah Agar Kulit Sehat

Tips Merawat Wajah – Merawat wajah penting untuk dilakukan agar kulit wajah tetap sehat dan tampak segar. Perawatan wajah dimulai dari langkah pertama merawat wajah yaitu kenali jenis kulit wajah Anda. Berikutnya, Anda bisa menyesuaikan jenis kulit dengan perawatan yang diinginkan.

Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana kondisi kulitnya dan langsung merawat wajah. Padahal, hal tersebut bisa membahayakan wajah Anda. Selain itu, cobalah untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini mengenai tips merawat wajah.

Tips Merawat Wajah yang Benar

Sebenarnya, ada tiga langkah dasar dalam merawat wajah yaitu membersihkan wajah, memberikan pelembab, dan mengoleskan sunscreen atau tabir surya. Setelah rutin mengikuti ketiga cara tersebut, maka Anda bisa menambahkan produk skincare untuk wajah.

  1. Rajin Mencuci Muka

Tips perawatan wajah yang pertama dan paling penting adalah rajin mencuci muka. Wajah adalah salah satu anggota tubuh yang memerlukan perawatan penting dan mudah terkena kotoran. Apalagi jika Anda baru saja beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya sering-sering mencuci muka.

Selain itu, ketika Anda memakai make up maka harus dibersihkan terlebih dahulu agar baik untuk kesehatan kulit wajah. Kotoran yang menempel juga bisa terangkat dengan mencuci muka. 

Langkah pertama adalah membersihkan wajah dengan micellar water atau cleanser jika habis menggunakan make up.

Langkah kedua adalah dengan mencuci muka menggunakan air hangat dan tambahkan juga sabun pencuci muka. Setelah sabun cuci muka dituangkan maka selanjutnya adalah meratakan ke seluruh bagian wajah dan dipijat secara perlahan.

Anda bisa menggunakan gerakan melingkar dari bawah ke atas hingga seluruh kotoran dan minyak terangkat. Kemudian bilas menggunakan air hangat lalu Anda bisa mengeringkan wajah memakai handuk yang bersih.

Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa merusak struktur kulit. Biasanya, mencuci muka dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pagi sesudah bangun tidur dan malam hari ketika akan tidur.

  1. Menggunakan Serum Wajah

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan serum pada wajah dan apapun jenis kulit wajahnya, baik kering maupun berminyak dan berjerawat tetap menggunakan serum. Bahkan, jika kulit Anda sudah bersih sekalipun, jangan lupa untuk mengolesi serum pada wajah.

Pastikan serum yang Anda gunakan sesuai dengan kondisi kulit. Pilihlah serum yang sesuai agar kesehatan kulit menjadi lebih terjaga. Serum bisa digunakan pada malam hari dan Anda bisa menggunakan serum yang mengandung retinol. 

Untuk serum vitamin C dapat digunakan pada pagi hari setelah bangun.

  1. Menggunakan Tabir Surya atau Sunscreen

Cara merawat kelembaban kulit yang ketiga adalah menggunakan tabir surya. Ada banyak jenis tabir surya yang bisa Anda pilih dan tentunya menyesuaikan kondisi kulit. Kebanyakan orang melupakan hal yang satu ini dan sibuk untuk merawat wajah menggunakan serum atau toner.

Padahal perawatan dengan menggunakan tabir surya adalah hal yang paling utama dalam merawat wajah. Penggunaan tabir surya yang sering dapat membuat kulit Anda terlindungi dari paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari.

Paparan sinar UV dari sinar matahari memang berbahaya untuk kesehatan kulit Anda karena bisa menyebabkan beberapa hal. Kulit Anda bisa muncul kerutan, bintik hitam, peradangan dan penuaan kulit, dan kanker kulit.

Pemilihan produk tabir surya juga harus diperhatikan, Anda bisa membeli produk yang mengandung SPF 30 atau lebih. Selain itu, Anda juga bisa memilih tabir surya yang memiliki keunggulan untuk merawat kulit dari paparan sinar matahari.

  1. Menggunakan Lip Balm

Merawat bibir agar pink merona secara alami juga perlu Anda perhatikan. Anda bisa menggunakan lip balm yang memiliki kandungan SPF. Gunakan secara rutin agar mendapatkan bibir pink secara alami dan hasilnya tetap maksimal.

Cara mengaplikasikannya adalah setengah jam sebelum menggunakan lip matte. Apabila kondisi bibir Anda kering maka aplikasikan lip balm sebanyak 6 sampai 8 kali. Anda juga bisa menggunakan pelembab bibir ini sebelum tidur saat malam hari. 

Ketika bangun pagi, jangan lupa untuk membersihkan lip balm yang menempel di bibir.

  1. Menggunakan Masker Untuk Wajah

Tips yang berikutnya adalah dengan menggunakan masker pada wajah. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah pengaplikasiannya juga tidak perlu sering-sering, Anda bisa menggunakan masker wajah 2 kali dalam seminggu.

Anda bisa memilih masker wajah yang memiliki kandungan arang aktif atau lumpur karena kedua kandungan tersebut dapat mengecilkan pori-pori wajah. Untuk meminimalisir efek samping, Anda bisa memakai masker wajah alami.

  1. Jangan Lupa Memenuhi Cairan Tubuh

Anda jangan hanya fokus pada perawatan di luar saja akan tetapi juga harus fokus pada perawatan dari dalam. Salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah memenuhi cairan tubuh. Tubuh juga memerlukan cairan mineral yang cukup karena itu perbanyak untuk minum air putih.

Idealnya, Anda harus mengkonsumsi air mineral sebanyak 2 liter per harinya atau setara dengan 8 gelas sehari. Hal tersebut dilakukan selain untuk menjaga kesehatan kulit, juga penting agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

  1. Mengendalikan Stres

Perawatan dari dalam untuk kesehatan kulit memang harus dilakukan dan cara lain selain memenuhi kebutuhan cairan adalah dengan mengendalikan stres. Stres yang tidak bisa Anda kendalikan bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

Salah satu penyebabnya adalah kulit jadi berjerawat dan lebih sensitif. Anda bisa mengalihkan stres dengan melakukan hal-hal yang diinginkan.

  1. Tidak Begadang

Tips menghilangkan mata panda juga penting sekali untuk diperhatikan. Adapun salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi aktivitas begadang. Begadang dapat membuat lingkaran hitam di bawah mata Anda menjadi lebih besar.

Oleh karena itu, apabila Anda memang sangat sibuk sebaiknya pintar-pintar mengatur waktu agar tidak tidur terlalu larut malam. Selain mempengaruhi kulit, begadang juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

  1. Gunakan Pelembab

Cara merawat wajah yang berikutnya adalah dengan menggunakan pelembab. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kenali jenis kulit wajah Anda terlebih dahulu sebelum membeli pelembab. Ada lima jenis kulit wajah yaitu kering, kombinasi, berminyak, normal, serta sensitif.

Setelah itu, baru Anda bisa membeli pelembab yang menyesuaikan dengan jenis kulit dan diaplikasikan sebelum menggunakan tabir surya. Dengan rutin menggunakan pelembab, maka kulit Anda akan lebih sehat dan tampak cerah.

  1. Menggunakan Teh Hijau

Perawatan wajah yang berikutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan yang dinilai mengurangi munculnya jerawat dan sebum berlebih. Cara menggunakannya adalah dengan membuat teh hijau dan tunggu sampai dingin.

Setelah itu, Anda bisa memasukkan sebuah kapas lalu tempelkan pada wajah berjerawat. Biarkan terlebih dahulu sampai 15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Anda bisa melakukannya secara rutin misalnya 2 kali sehari.

  1. Madu

Selain teh hijau, Anda juga dapat menggunakan madu yang kandungannya dapat digunakan untuk mengusir flek hitam. Cara membuatnya adalah dengan menjadikan madu sebagai masker pada wajah yang didiamkan selama 20 menit.

Anda sudah tahu mengenai cara mengatasi kulit kering yang telah dijelaskan di atas. Perawatan wajah memang harus dilakukan secara rutin untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk membuat pengingat mengenai waktu membersihkan wajah.