Tips Memulai Diet Untuk Pemula

memulai diet

Tips Memulai Diet

Tips Memulai Diet – Memulai diet bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih bagi pemula. Dalam pelaksanaannya, memulaidiet tidak boleh dilakukan sembarangan. Terdapat beberapa tips memulai diet yang bisa Anda perhatikan di dalamnya, seperti salah satunya yakni jangan lewatkan sarapan.

Selama menjalankan diet, memang diharuskan membatasi beberapa jenis makanan. Namun, penting juga untuk memperhatikan jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat memulai diet. Jangan sampai selama diet Anda justru mengalami kekurangan nutrisi.

Apa Saja Tips Memulai Diet Untuk Pemula yang Perlu Diperhatikan?

Berikut ialah beberapa tips memulai diet yang bisa Anda terapkan sebelum memulai diet hingga selama menjalani program diet, terlebih bagi Anda kaum diet pemula yang sebelumnya belum pernah mencoba program diet.

  1. Menerapkan Sarapan dengan Menu Rendah Kalori

Meski sedang menjalankan diet, Anda jangan sampai melewatkan sarapan begitu saja. Alangkah baiknya, Anda bisa memilih menu sarapan yang banyak mengandung nutrisi, serat, dan vitamin untuk tubuh.

Beberapa menu makanan yang bisa Anda gunakan untuk sarapan ialah oatmeal dan beberapa buah-buahan seperti pisang, apel, dan sejenis buah beri. Sedangkan untuk minumannya, Anda bisa menggantinya dengan smoothies, yogurt, dan air putih.

  1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi karbohidrat atau beralih ke karbohidrat kompleks dengan kadar serat yang tinggi bisa membantu Anda untuk kenyang lebih lama. Dalam hal ini, terdapat beberapa alternatif makanan yang bisa Anda coba seperti pasta gandum utuh, umbi, ataupun biji-bijian.

Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi nasi, maka bisa menggantinya dengan konsumsi nasi merah dengan kadar kalori yang lebih rendah dibandingkan jenis nasi putih.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Tidak hanya membantu tubuh agar tetap terhidrasi, konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup juga dapat membantu proses metabolisme serta percepatan pembuangan racun dalam tubuh. Bahkan, konsumsi air yang cukup juga dapat melancarkan pencernaan.

Jika Anda merasakan lapar selama diet, maka jangan buru-buru untuk mengambil camilan atau makan. Alangkah baiknya untuk minum air putih terlebih dahulu. Kondisi tersebut bisa jadi hanya sebagai pertanda bahwa tubuh membutuhkan air.

Jika sesaat setelah minum air dan rasa lapar belum juga hilang, maka Anda bisa mengambil sedikit camilan dengan tetap memperhatikan jumlah kalorinya.

  1. Mengatur Jadwal Makan

Meski sedang menjalankan diet, bukan berarti Anda bisa melompati waktu makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Dalam hal ini, Anda harus tetap mengatur jadwal makan dan jangan sampai merasa kelaparan.

Buatlah jadwal makan secara teratur setiap harinya sesuai dengan kebutuhan dan tentunya harus memperhatikan mengenai menu-menu makanan yang dikonsumsi. Hal ini juga berlaku dalam makanan ringan atau camilan.

Jika Anda merasakan lapar yang serius, namun belum memasuki jadwal makan maka camilan bisa menjadi penolong untuk mengatasi rasa lapar tersebut.

  1. Makan Secara Perlahan

Makan secara perlahan ternyata membawa manfaat bagi tubuh, salah satunya yakni dapat membantu menjaga tubuh agar tidak cepat merasa lapar. Beberapa hasil penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang makan tergesa-tega memiliki resiko obesitas tinggi.

Persentase dari tingginya resiko obesitas tersebut bisa mencapai 115% dibandingkan orang yang makan dengan perlahan. Tidak hanya itu, makan secara perlahan juga dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Dengan begitu, makan perlahan secara tidak langsung dapat menghindarkan Anda dari makan dalam porsi banyak.

  1. Hindari Minuman Beralkohol

Menghindari konsumsi minuman beralkohol merupakan cara yang baik selama menjalankan program diet. Hal ini dikarenakan tingginya kadar gula dalam minuman beralkohol yang tentunya tidak seimbang dengan menu makanan lain yang Anda konsumsi.

Sama halnya dengan jenis minuman bersoda, selama masa diet kedua jenis minuman ini sangat tidak dianjurkan. Bukan hanya ketika diet, konsumsi kedua minuman ini secara berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Mengurangi atau lebih baik untuk menghindari makanan cepat saji atau junk food selama menjalankan program diet merupakan salah satu cara yang tepat. Makanan cepat saji pada umumnya banyak mengandung lemak jahat yang berbahaya bagi tubuh.

Konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan tidak hanya berakibat pada gagalnya diet, melainkan juga berpotensi meningkatkan munculnya resiko penyakit lain. Penyakit yang berbahaya dan mungkin saja bisa timbul, seperti jantung ataupun diabetes.

Olahraga yang Baik Selama Diet

Selain memperhatikan beberapa tips memulai diet yang telah disebutkan, melakukan olahraga-olahraga yang baik untuk menunjang keberhasilan proses diet juga bisa Anda lakukan. 

Dengan demikian, memperhatikan beberapa tips memulai diet dan menjalankan olahraga secara rutin merupakan kombinasi yang baik untuk keberhasilan program diet yang Anda lakukan. Berikut ialah beberapa di antaranya:

  1. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil merupakan salah satu olahraga favorit yang banyak dilakukan untuk memulai diet. Banyak orang menjadikan jogging sebagai pendamping utama selain memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Meski terlihat sederhana dan simpel, namun olahraga ini ampuh untuk menurunkan berat badan. Terlebih jika dilakukan secara rutin atau konsisten. Selama melakukan olahraga ini, kalori dalam tubuh Anda dapat terbakar lebih cepat.

Agar hasilnya maksimal, Anda bisa melakukan jogging minimal 2 atau 3 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit. Atur jadwal dan lakukan secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

  1. Bersepeda

Tidak harus jenis olahraga berat, bersepeda juga bisa menjadi salah satu olahraga pilihan yang bisa membantu kelancaran proses diet Anda. Olahraga ini memang terlihat sangat asyik karena kita bisa bermain sembari melakukan olahraga.

Gerakan mengayun pedal ketika bersepeda dapat menggerakkan otot perut bagian bawah sekaligus mengencangkannya. Hal ini tentunya memberikan dampak yang baik bagi tubuh karena bisa membakar kalori secara maksimal.

  1. Yoga

Selain banyak bermanfaat untuk ibu hamil, senam yoga juga bisa dijadikan olahraga pendamping dalam diet Anda. Gerakan-gerakan dalam yoga dinilai mampu membakar kalori secara efektif.

Meski sekilas terlihat ringan, namun olahraga ini ampuh untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Selain itu, rutin melakukan yoga juga memberikan dampak lain bagi kesehatan yakni memperoleh ketenangan pikiran dan jiwa.

  1. Angkat Barbel

Mengangkat barbel atau angkat beban dinilai cukup efektif untuk membantu kelancaran program diet yang Anda lakukan.

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa angkat beban selama kurang lebih 30 menit dapat membakar 112 kalori pada seseorang dengan berat badan 70 kg. Tidak hanya itu, angkat beban juga dapat menguatkan dan merangsang pertumbuhan otot.

  1. Lompat Tali

Lompat tali merupakan jenis olahraga sekaligus permainan yang terkesan cukup ringan, namun efektif untuk membakar banyak kalori dalam tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ini dengan bantuan alat yang cukup mudah dijumpai.

Jika tidak menemukan tali khusus yang biasa digunakan untuk lompat tali, Anda bisa menggunakan karet yang disambung sampai nantinya menjadi tali yang cukup untuk Anda gunakan.

Itulah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan dari memulai diet hingga selama menjalani masa program diet. Lakukan olahraga secara rutin agar hasil diet yang diperoleh sesuai keinginan. Selain itu, olahraga rutin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.