6 Tips Diet Untuk Pekerja Kantoran

tips diet untuk orang kantoran

Tips Cara Diet Untuk Pekerja Kantoran

Tips Diet Untuk Pekerja Kantoran – Menerapkan program diet selagi bekerja kantoran bukan suatu hal yang mudah. Pilihan untuk mengembangkan karir atau menjaga berat badan agar tetap ideal sulit diterapkan bagi sebagian orang. Itu sebabnya, penting untuk Anda ketahui mengenai tips diet untuk pekerja kantoran.

Pada dasarnya, tips diet untuk pekerja kantoran tidaklah sulit. Segala sesuatunya bergantung pada seberapa besar niat dan tekad kita untuk mencapainya.

Tips Diet Untuk Pekerja Kantoran

Beberapa tips di bawah ini sangat cocok diterapkan oleh pekerja kantoran agar program diet yang dilakukan bisa membuahkan hasil, yaitu:

  1. Membiasakan Untuk Sarapan di Rumah

Membiasakan untuk melakukan sarapan dari rumah merupakan tips diet untuk pekerja kantoran yang paling mudah yang bisa Anda terapkan untuk program diet selagi bekerja di kantor. Kebiasaan ini dapat menghindarkan Anda dari ngemil ataupun konsumsi makanan ringan di sela-sela pekerjaan.

Selain sarapan di rumah, Anda juga bisa membawa makanan untuk menu makan siang. Dalam hal ini, pastikan porsi makan yang Anda konsumsi tidak terlalu besar namun tetap mengantongi angka kecukupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mengganti Menu Makanan

Tips diet untuk pekerja kantoran. Jika Anda terbiasa mengkonsumsi makanan yang berlemak dan kaya akan kalori, maka biasakan untuk mengubahnya. Adapun beberapa alternatif menu diet yang bisa Anda coba ialah buah-buahan ataupun salad.

  1. Membawa Bekal dari Rumah

Menyiapkan bekal dari rumah dengan menu makan sesuai standar diet merupakan cara efektif untuk keberhasilan diet yang Anda rencanakan. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari berbagai macam godaan makanan-makanan yang kerap dijumpai di kantor.

Tips diet untuk pekerja kantoran berikutnya adalah bawalah bekal untuk menu utama makan siang sampai dengan cemilan jika sekiranya memang dibutuhkan.

  1. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Meski sedang menjalankan program diet, namun tidak disarankan bagi Anda untuk menunda atau melewatkan waktu makan. Jika Anda merasa lapar, maka segeralah untuk makan. Jangan tunggu rasa lapar bertambah semakin serius karena hal ini akan memicu makan terlalu banyak.

Perlu Anda ingat, tips diet untuk pekerja kantoran ialah mengurangi porsi makanan, bukan berarti membatasi atau melewatkan jadwal makan.

  1. Makan Makanan Utama Setelah Tiba di Rumah

Setelah tiba di rumah, Anda bisa kembali makan menu diet yang telah Anda siapkan. Makanlah dengan perlahan atau jangan terburu-buru, mengingat makan terburu-buru justru memicu lapar lebih cepat dan meningkatkan resiko obesitas.

Tips diet untuk pekerja kantoran berikutnya pastikan menu diet yang Anda konsumsi tetap memenuhi standar pola makan sehat mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, air, dan beberapa nutrisi lainnya.

  1. Jangan Melewatkan Olahraga

Menjadi pekerja kantoran bukan berarti tidak bisa berolahraga, Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan di sela-sela pekerjaan seperti berjalan kaki, naik turun tangga, bersepeda, ataupun jogging ketika libur kerja.

Selain itu, melakukan peregangan ringan di sela-sela kerja seperti mengangkat tangan dan menggeleng-gelengkan kepala juga bisa dilakukan. Gerakan ini dilakukan untuk mengurangi rasa stres dan penat akibat pekerjaan yang Anda lakukan.

Anda juga bisa melakukan olahraga kecil sebelum berangkat kerja seperti misalnya melakukan beberapa gerakan workout seperti push up, sit up, lompat tali, ataupun jogging setiap harinya.

Tips diet untuk pekerja kantoran berikutnya lakukan olahraga tersebut sekitar 30 menit setiap harinya atau minimal 2-3 kali dalam seminggu. Jika Anda bisa menerapkan beberapa olahraga tersebut secara rutin, maka berat badan dan kebugaran tubuh bisa terjaga dengan baik.

Menu Diet Sehat untuk Pekerja Kantoran

Di bawah ini ialah beberapa menu tips diet untuk pekerja kantoran yang bisa Anda coba, mulai dari sarapan sampai dengan menu makan siang dan bekal.

  1. Menu Sarapan

Beberapa menu sarapan yang cocok Anda konsumsi selama masa diet ialah 1 potong roti gandum dengan topping sesuai selera seperti mentega, selai, ataupun keju slices ataupun 1 butir telur rebus.

Kedua makanan ini dinilai sudah cukup memenuhi kebutuhan karbohidrat sekaligus membantu Anda kenyang lebih lama.

  1. Bekal Makan Siang

Selanjutnya yakni bekal makan siang yang bisa dipersiapkan dari rumah. Dalam hal ini, Anda bisa membawa beberapa jenis buah-buahan seperti 1 buah apel, 1 buah pir, 2 buah wortel berukuran sedang, ataupun 1 buah pisang.

Di samping buah-buahan, Anda juga bisa membawa beberapa salad sebagai menu makan siang utama. Tidak harus salad buah, melainkan beberapa alternatif salad lainnya seperti salad sayuran, salad ikan, keju cottage, ataupun salad ayam.

  1. Menu Makan Malam

Untuk menunjang keberhasilan program diet yang Anda lakukan, makan malam sebaiknya dilakukan ketika sudah kembali ke rumah. Adapun di bawah ini ialah contoh perpaduan menu yang bisa Anda gunakan untuk makan malam.

  • Nasi dan Sayur

Menu pertama yang bisa Anda coba ialah nasi sayur. Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan mencampurkan 100 gram nasi dengan 250 gram sayuran rebus. Untuk menambah rasanya, Anda bisa menggunakan tambahan bumbu kacang dan sejenisnya.

  • Ikan dan Sayur

Menu selanjutnya yakni kombinasi ikan dan sayur rebus. Adapun cara pembuatannya yakni dengan merebus semua bahan bersama mulai dari 150 gram ikan, 2 buah wortel parut, bawang bombay cincang, potongan tomat, dan bumbu.

  • Pasta dan Saus

Menu makan malam diet dengan pasta saus bisa dibuat dengan cara menambahkan 2 sendok makan saus tomat, bawang bombay cincang, dan satu siung bawang putih kedalam rebusan 100 gram pasta.

  • Bakso dan Jamur

Membuat bakso jamur sebagai menu makan malam selama diet terkesan cukup menarik. Cara pembuatannya juga cukup mudah yakni dengan mencampurkan 100 gram daging ayam cincang dengan 100 jamur rebus cincang, peterseli, dan bumbu secukupnya.

Setelah itu, uleni adonan dan buatlah menjadi bakso lalu dikukus sampai matang dan makan bersama dengan sesendok nasi.

  1. Menu Cemilan

Menu cemilan sehat yang bisa Anda coba selama diet ialah makanan dan minuman yang memiliki kadar gula rendah, tidak berlemak, dan kaya akan protein dan lemak. Adapun beberapa diantaranya ialah kacang-kacangan, madu, ataupun yogurt.

Jika ada, yogurt Yunani sangat dianjurkan untuk dicoba selama masa diet. Hal ini dikarenakan kandungan gula di dalamnya lebih rendah dibandingkan yogurt pada umumnya.

Beberapa cemilan tersebut cocok untuk Anda jadikan sebagai bekal selama bekerja agar bisa menjadi penolong ketika rasa lapar muncul tiba-tiba.

Itulah beberapa menu makanan diet sehat yang bisa Anda coba selagi masih menjadi pekerja kantoran. Biasakan untuk bawa bekal dari rumah setiap harinya agar menu diet tetaplah terkontrol dengan baik. Atur bekal yang berbeda-beda tiap harinya agar Anda tidak merasa bosan.

Terlepas dari memperhatikan beberapa tips dan menu makanan diet ala pekerja kantoran yang telah disebutkan di atas, alangkah baiknya Anda juga menghindari beberapa hal lain. Contohnya, kebiasaan begadang, stres, ataupun konsumsi alkohol.

Beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus-menerus secara tidak langsung justru dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang berpotensi untuk meningkatkan jumlah kalori. Itu sebabnya, beberapa kebiasaan buruk juga harus dihindari selama menjalankan program diet sehat.