Sakit Gigi dan Cara Merawatnya

sakit gigi

Sakit Gigi dan Cara Merawatnya

Sakit Gigi dan Cara MerawatnyaSakit gigi adalah kondisi di mana daerah gigi ataupun rahang mengalami rasa nyeri, baik itu nyeri yang ringan ataupun nyeri yang cukup berat. Sakit gigi bisa muncul secara terus-menerus selama beberapa hari, namun bisa juga hilang lalu muncul kembali.

Pada umumnya, nyeri gigi diakibatkan adanya penyakit pada gigi ataupun gusi. Namun, pada kasus tertentu, sakit gigi bisa menjadi penanda adanya penyakit di bagian tubuh yang lain lalu menjalar sampai ke gigi, misalnya adanya keluhan penyakit saraf di wajah atau leher.

Apa Saja Penyebab Sakit Gigi?

Meski sakit gigi kerap kali dianggap sebagai penyakit yang tidak berbahaya atau tidak mengancam nyawa, namun alangkah baiknya jangan diremehkan. Pada umumnya, sakit gigi disebabkan oleh beberapa hal seperti munculnya gigi berlubang ataupun adanya tambalan gigi yang rusak.

Selain itu, adanya peradangan atau infeksi pada gigi dan gusi serta gigi patah juga bisa mengakibatkan munculnya rasa nyeri yang cukup serius pada gigi dan rahang. Pada bayi dan anak-anak, sakit gigi biasanya juga akan muncul karena adanya gigi yang mulai tumbuh.

Di samping itu, bagi Anda pemilik kawat gigi juga lebih rentan terkena sakit atau nyeri gigi sebagai akibat adanya permasalahan pada kawat gigi tersebut.

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah?

Setelah mengetahui secara pasti mengenai penyebab Anda sakit gigi, maka langkah selanjutnya yakni melakukan pengobatan agar rasa sakit berkurang. Itu sebabnya, penting untuk Anda ketahui mengenai cara-cara meredakan sakit gigi di rumah.

Hal tersebut nantinya akan sangat membantu Anda karena bisa menjadi pertolongan pertama sebelum nantinya pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Adapun beberapa di antaranya ialah:

  1. Mengangkat Kepala

Mengangkat kepala menjadi salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan ketika sakit gigi. Dalam sebagian kasus, cara ini dianggap efektif dan ampuh untuk meringankan sakit gigi, terlebih pada malam hari ketika sulit tidur.

Posisi kepala yang terangkat atau lebih tinggi dibandingkan tubuh dapat mencegah peningkatan tekanan darah yang mengalir ke area mulut dan wajah. Dengan begitu, sirkulasi darah bisa berjalan lebih lancar dan besar kemungkinan rasa sakit akan berkurang.

Cara untuk melakukannya juga cukup mudah yakni dengan menambahkan bantal tambahan sebagai alas tidur sampai pada posisi nyaman agar kepala berada di posisi lebih tinggi dibandingkan tubuh.

  1. Kumur Air Garam

Menggunakan air garam sebagai obat kumur merupakan cara alami untuk meringankan nyeri sakit gigi. Cara ini menjadi solusi pengobatan sakit gigi ala rumahan yang kerap dilakukan.

Air garam memiliki kandungan anti bakteri alami yang berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu, air garam juga bersifat sebagai desinfektan alami yang bisa membersihkan secara maksimal sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi.

  1. Kompres Es Batu

Kompres es batu merupakan cara alami yang ampuh untuk meredakan sakit gigi, terutama pada sakit gigi yang disertai dengan pembengkakan gusi. Cara untuk melakukannya juga tergolong mudah.

Anda bisa membungkus es batu dengan handuk, lalu tempelkan pada area gigi yang mengalami pembengkakan selama 15-20 menit. Cara ini bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hal tersebut patut untuk Anda waspadai mengingat pembengkakan pada gigi biasanya diakibatkan adanya luka, munculnya kantung nanah, ataupun adanya masalah dalam akar gigi.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih termasuk salah satu bahan rumahan yang bisa membantu Anda mengatasi permasalahan sakit gigi. Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih berfungsi sebagai anti bakteri yang sangat kuat penyebab munculnya nyeri dan plak pada gigi.

Bagi Anda yang ingin mencoba cara ini, bisa mengunyah bawang putih yang telah dikupas secara langsung ataupun membuatnya sebagai pasta yang diberi campuran sedikit garam, lalu dioleskan ke bagian gigi yang terasa sakit.

Meski terbilang cukup ampuh, namun cara ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki aroma dan rasa yang mungkin tidak cocok untuk sebagian orang.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang banyak berkhasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk salah satunya yakni untuk mengobati sakit gigi secara alami.

Banyak riset telah membuktikan bahwa lidah buaya memiliki kandungan anti bakteri alami yang dapat membunuh berbagai kuman penyebab sakit dan kerusakan gigi. Cara penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian gigi yang terasa sakit.

Itulah beberapa cara rumahan yang bisa menjadi pertolongan pertama dalam pengobatan sakit gigi. Untuk proses selanjutnya, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter gigi agar memperoleh penanganan yang tepat.

Bagaimana Tips Memilih Dokter Gigi yang Tepat?

Melakukan pemeriksaan atau pengobatan kesehatan gigi sebaiknya dilakukan secara rutin tiap 6 bulan sekali. Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan tips memilih dokter gigi yang baik agar mendapatkan pelayanan profesional sesuai apa yang diharapkan.

  1. Melakukan Pengecekan Dasar

Sebelum melakukan pemeriksaan pada dokter gigi, alangkah baiknya Anda melakukan beberapa pengecekan seperti kepemilikan Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP). Kedua hal itu bisa menjadi penentu tingkat profesionalitas dan keamanan dokter gigi tersebut.

Memperhatikan lokasi dokter gigi dan jadwal praktik yang ditentukan sehingga Anda bisa menyesuaikan jarak dan waktunya. Selain itu, penting juga untuk Anda ketahui mengenai informasi penerimaan asuransi kesehatan. 

Misalnya, BPJS atau asuransi kesehatan swasta yang bisa digunakan untuk meringankan biaya pengobatan.

  1. Memperhatikan Jenis Layanan dan Harga yang Ditetapkan

Tips selanjutnya yakni memperhatikan jenis layanan dan harga yang ditetapkan oleh dokter gigi. Hal ini penting untuk Anda ketahui mengingat tidak semua dokter gigi membuka pelayanan yang sama karena beberapa tindakan pengobatan gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis.

Selanjutnya, pastikan juga dokter gigi tersebut menetapkan harga pengobatan atau perawatan sesuai dengan budget Anda. Dalam hal ini, tidak ada salahnya jika Anda menanyakan terlebih dahulu mengenai estimasi harga yang ditetapkan sebelum melakukan pemeriksaan atau pengobatan.

  1. Memperhatikan Reputasi Dokter Gigi

Memperhatikan baik atau buruknya reputasi dokter gigi merupakan cara jitu yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan pemeriksaan. Kini, cara untuk mengetahui review penanganan dan pengobatan sebelumnya bisa diketahui dengan mudah melalui media sosial.

Biasanya, dalam akun Google Maps akan tersedia mengenai foto dan review dari dokter gigi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan secara langsung kepada pasien yang sebelumnya telah melakukan pengobatan di tempat itu.

Selain memperhatikan cara alami pengobatan gigi di rumah dan beberapa tips memilih dokter gigi di atas, penting juga untuk Anda perhatikan mengenai beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah sakit gigi.

Beberapa diantaranya yakni rutin menyikat gigi dengan cara yang benar menggunakan pasta gigi berfluoride dan menghindari konsumSi makanan manis, asam serta lengket berlebihan.

Hal penting tersebut perlu dilakukan secara rutin agar menjadi kebiasaan baik untuk mencegah munculnya sakit gigi. Sakit gigi memang tidak menyenangkan dan mungkin bisa mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, lakukan perawatan pertama terlebih dahulu dan kunjungi dokter.