Tips Program Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

program diet sehat

Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan – Menerapkan program diet sehat pada dasarnya bisa dibilang susah-susah gampang, mengingat banyak hal yang harus diperhatikan dan dihindari di dalamnya. Menerapkan beberapa tips program diet sehat untuk menurunkan berat badan ialah salah satu kunci utamanya.

Meski banyak hal yang harus dihindari, seperti misalnya makanan. Namun, kebutuhan nutrisi tetap harus terpenuhi agar kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik. Jangan sampai program diet sehat yang Anda lakukan justru memperburuk kondisi kesehatan.

Apa Saja Kebiasaan yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

Diet bukan berarti harus membatasi makan dan minum yang dapat menyiksa tubuh Anda. Diet bisa dilakukan secara alami melalui beberapa tahapan dan tips diet sehat di bawah ini:

  1. Biasakan Sarapan dengan Menu Kaya Protein

Membiasakan sarapan dengan menu makanan yang tinggi kandungan protein merupakan salah satu tahapan program diet sehat yang bisa Anda terapkan. Jika cara ini berhasil dilakukan secara rutin, maka akan terbentuk suatu kebiasaan diet yang baik bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi makanan kaya protein ini sangat dianjurkan dalam sarapan pagi karena dapat membantu Anda awet kenyang dan tidak mudah lapar. Dengan begitu, maka intensitas ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan bisa diminimalisir.

Adapun contoh makanan kaya protein dan rendah lemak yang cocok digunakan sebagai menu sarapan selama diet ialah telur rebus, ikan, serta ayam tanpa kulit.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Tips program diet sehat selanjutnya yakni perbanyak minum air putih. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa seseorang yang kurang mengkonsumsi air putih banyak memiliki indeks massa tubuh (BMI) dan resiko obesitas lebih tinggi.

Itu sebabnya, air putih dinilai ampuh untuk menjaga kestabilan berat badan. Bahkan, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi air putih sebelum makan dinilai dapat meminimalisir jumlah kalori dari makanan-makanan yang dikonsumsi.

  1. Kurangi Karbohidrat

Konsumsi produk olahan karbohidrat seperti mie, pasta, atau roti sangat tidak dianjurkan selama Anda menjalani program diet sehat. Hal ini dikarenakan beberapa makanan tersebut akan lebih cepat dicerna oleh tubuh sehingga rasa lapar akan lebih cepat muncul.

Dengan begitu, alangkah baiknya Anda beralih ke makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti gandum, umbi, dan biji-bijian. Beberapa makanan dengan karbohidrat kompleks tersebut dapat membantu Anda kenyang lebih lama dan lebih kaya akan nutrisi.

  1. Biasakan Untuk Minum dengan Sedikit Gula

Adanya kandungan gula tambahan yang kerap ditemukan dalam minuman-minuman manis merupakan salah satu pemicu naiknya berat badan. Itu sebabnya, hal ini kerap menjadi salah satu faktor kegagalan diet.

Bahkan, dalam kondisi tertentu kerap mengonsumsi gula tambahan juga dapat memicu munculnya gangguan kesehatan seperti diabetes dan jantung.

Selain membatasi konsumsi gula dalam minuman, Anda juga bisa menghindari beberapa makanan yang banyak mengandung gula dan minim nutrisi. Contohnya permen, soda, dan berbagai olahan gula lainnya.

  1. Makan dengan Porsi Kecil

Makan dengan porsi kecil merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan selama program diet sehat. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membiasakan makan dengan piring yang berukuran lebih kecil dari biasanya.

Dalam cara ini, Anda juga disarankan untuk makan secara perlahan atau tidak terburu-buru. Hal ini sesuai dengan beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan dimana makan secara perlahan dapat meminimalisir resiko obesitas dan membuat perut tidak cepat lapar.

Meski makan dalam porsi kecil, namun Anda harus tetap memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pastikan kebutuhan karbohidrat, protein, dan vitamin tetap terpenuhi. Untuk memulai kebiasaan ini, Anda bisa mencoba catat asupan makan terlebih dahulu.

  1. Menghindari Konsumsi Minuman Berkalori

Menghindari minuman berkalori tinggi selama program diet sehat merupakan cara ampuh yang bisa mencegah naiknya berat badan secara drastis. Adapun beberapa minuman yang tidak disarankan selama diet ialah milkshake, float, minuman bersoda, ataupun minuman kemasan lainnya.

  1. Biasakan Untuk Membaca Kandungan Nutrisi dalam Kemasan Makanan

Membiasakan untuk membaca kandungan kalori sebelum makan merupakan cara sederhana untuk mengetahui dan membatasi asupan kalori dalam tubuh. Hal ini merupakan cara sederhana untuk hidup lebih sehat.

Dengan mengetahui kandungan kalori dari setiap makanan yang dikonsumsi, maka Anda bisa mengetahui apakah makanan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh setiap harinya.

Di samping beberapa kebiasaan tersebut, terdapat pula beberapa hal yang harus dihindari selama Anda menjalankan program diet sehat. Kedua hal ini harus berjalan berdampingan agar keberhasilan diet bisa diperoleh secara maksimal.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Selama Program Diet

Memperhatikan pola makan, beberapa tips dan pantangan, serta rutin melakukan olahraga merupakan pokok-pokok penting untuk mencapai keberhasilan diet. 

Beberapa hal di bawah ini penting untuk Anda perhatikan dan sebisa mungkin untuk dihindari agar program diet sehat bisa membuahkan hasil yang baik.

  1. Melewatkan Sarapan

Kebiasaan melewatkan sarapan selama masa program diet sehat merupakan hal yang harus Anda hindari. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa seseorang yang tidak pernah sarapan cenderung mengalami peningkatan berat badan lebih mudah.

Hal tersebut dikarenakan rasa kenyang akan datang dengan serius sehingga kemungkinan porsi makan siang yang akan lebih banyak. Selain itu, membiasakan sarapan juga mampu memberikan suplai tenaga bagi aktivitas Anda seharian.

  1. Jangan Terlalu Berfokus di Kardio

Melakukan beberapa jenis olahraga kardio memang baik untuk kesehatan, tidak hanya untuk kesehatan jantung melainkan juga dalam proses metabolisme tubuh. Olahraga ini dinilai memang efektif untuk membakar kalori, terlebih apabila dijalankan semasa diet.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan intensitasnya. Jangan lakukan kardio secara berlebihan karena hal ini justru akan berbahaya bagi kesehatan. Lakukan beberapa tips dalam diet secara wajar dan berdampingan agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

  1. Stres dan Kurang Istirahat

Stres dan kurangnya istirahat dinilai sebagai salah satu pemicu kegagalan dalam program diet yang dilakukan. Kedua hal tersebut harus dihindari karena bisa memicu munculnya hormon kortisol sebagai pemicu tingginya kadar gula darah.

Selama menjalani program diet, biasakan diri untuk tetap santai dan rileks. Jangan anggap diet sebagai beban berat agar pikiran Anda tidak hanya berfokus pada hal tersebut. Jangan mudah menyerah dan lakukan dengan suasana hati yang tenang.

Stres termasuk sebagai beberapa hal yang harus dihindari selama menjalankan program diet. Jika salah satu pola diet yang Anda lakukan belum berhasil, jangan mudah menyerah karena tidak semua program diet bisa berjalan dengan baik di dalam tubuh Anda.

Dalam beberapa program diet juga terdapat beberapa kecocokan sesuai kondisi tubuh dan kesehatan tiap-tiap orang yang tentunya berbeda. Dengan begitu, disiplin dan tidak mudah menyerah merupakan kunci utama dalam diet.

Tidak hanya menerapkan beberapa tips dan menghindari beberapa poin-poin yang telah disebutkan di atas, selama masa diet Anda juga diharuskan olahraga yang teratur. Tidak harus kardio ataupun olahraga berat, melainkan olahraga ringan seperti jalan kaki ataupun jogging setiap harinya.