Rahasia Menurunkan Berat Badan Secara Natural

menurunkan berat badan

Rahasia Menurunkan Berat Badan Secara Natural

Rahasia Menurunkan Berat Badan Secara Natural – Cara menurunkan berat badan secara natural atau alami kerap menjadi solusi diet yang banyak dipilih, hal ini dikarenakan cara alami tidak banyak membawa efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, diet natural juga telah terbukti mempunyai tingkat efektifitas dan keamanan. Pada umumnya, rentang waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan dengan cara natural cukup beragam. Mulai dari seminggu, dua minggu, sampai satu bulan.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Natural dalam 1 Minggu

Cara menurunkan berat badan alami selama satu minggu kerap dijadikan sebagai terobosan instant ketika akan menghadapi suatu momen tertentu. Contohnya, H-7 pernikahan yang mengharuskan diet alami 1 minggu agar baju pengantin bisa pas dikenakan.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan diet alami 1 minggu ialah sebagai berikut:

  1. Mengurangi Asupan Kalori

Mengurangi porsi makan merupakan salah satu cara mudah untuk mengurangi asupan kalori setiap harinya. Hal ini sudah terbukti efektif untuk mengurangi berat badan dalam waktu yang cukup singkat.

Dalam cara ini, perlu dihitung terlebih dahulu berapa kebutuhan kalori tubuh Anda dalam satu harinya. Setelah itu, Anda bisa membatasi makanan atau mengurangi porsi makan sesuai kebutuhan kalori dalam tubuh.

Beberapa makanan yang disarankan untuk membantu kelancaran diet kalori ialah buah, sayur, dan protein tak berlemak. Selain itu, Anda juga tidak dianjurkan terlalu banyak mengkonsumsi camilan dengan MSG.

  1. Membatasi Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi, roti, umbi-umbian, pasta, dan sejenisnya dinilai sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat. Sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak konsumsi rendah karbohidrat, contohnya pakcoy dan bayam.

Selain itu, konsumsi protein tanpa lemak seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak juga bisa Anda gunakan sebagai makanan pengganti.

  1. Menghindari Konsumsi Makanan Siap Saji

Tidak cukup hanya dengan mengurangi asupan kalori dan karbohidrat, menghindari makanan siap saji juga termasuk cara jitu untuk membantu Anda menurunkan berat dalam dalam waktu yang singkat.

  1. Perbanyak Olahraga

Memperbanyak olahraga dan melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori, termasuk cara alami menurunkan berat badan dalam waktu yang cukup singkat. Dalam hal ini, semakin banyak kalori yang terbakar, maka berat badan akan semakin cepat berkurang.

Tidak harus olahraga berat, melainkan Anda juga bisa melakukan olahraga ringan dengan memperbanyak jalan kaki, naik turun tangga, ataupun workout sendiri di rumah.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak konsumsi air putih merupakan salah satu cara diet alami yang banyak memberikan manfaat, seperti menghilangkan dahaga atau mencegah dehidrasi. Selain itu, menjaga kesehatan organ dalam serta efektif untuk membakar lemak dalam tubuh.

Manfaat Menurunkan Berat Badan Secara Natural

Beberapa cara menurunkan berat badan yang telah disebutkan di atas tentunya tidak terlepas dari berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan berat badan saja, melainkan juga berkhasiat untuk kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Dengan menjalankan pola diet alami, Anda akan terbiasa menjalankan pola hidup sehat yang tentunya banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Misalnya, memperbanyak konsumsi air putih yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Selain itu, diet alami juga akan menjauhkan Anda dari beberapa jenis lemak jahat penyebab penyakit. Hal ini dikarenakan mayoritas makanan yang Anda konsumsi ialah jenis makanan rendah lemak dan jenis protein tak berlemak.

Dengan begitu, menjalankan diet alami secara keseluruhan dapat membantu Anda dalam mewujudkan pola hidup sehat agar terhindar agar berbagai jenis penyakit.

Contoh Makanan yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Beberapa cara menurunkan berat badan yang telah disebutkan di atas tentunya tidak bisa terlepas dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk menurunkan berat badan dan baik dikonsumsi selama masa diet, yaitu:

  1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin, lemak tak jenuh, rendah karbohidrat, dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat dinilai ampuh dalam mengurangi nafsu makan.

Kandungan lemak dalam buah alpukat sudah terbukti ampuh dalam penurunan berat badan sekaligus pembakaran lemak dalam tubuh.

  1. Ceri

Meski sering diabaikan atau hanya dianggap sebagai makanan hiasan, pada dasarnya ceri banyak memberikan manfaat untuk kesehatan, termasuk dalam penurunan berat badan secara alami.

Ceri kaya akan vitamin C dan beberapa kandungan lain seperti potassium, tembaga, dan mangan. Selain ampuh untuk menahan lapar, beberapa kandungan tersebut telah terbukti ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi nyeri sendi.

Dengan kualitas tidur yang baik serta tubuh yang sehat, maka hasil diet yang Anda jalankan besar kemungkinan akan semakin maksimal.

  1. Lemon

Lemon tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan berat badan, melainkan bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh selama diet. Lemon juga bisa membuat Anda terhindar dari kekurangan asupan-asupan zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak pakar kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi lemon selama masa diet. Hal ini dikarenakan lemon mengandung serat pektin yang mudah larut dan mengembang dalam perut sehingga membantu Anda bisa kenyang lebih lama.

Adapun konsumsi lemon yang baik untuk menurunkan berat badan ialah meminum perasan lemon yang telah dicampurkan dengan sedikit panas. Lakukan cara tersebut secara rutin sampai Anda merasakan perbedaannya.

Tidak hanya ampuh untuk menurunkan berat badan, konsumsi lemon juga dapat memperlancar pencernaan. Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi serta mampu membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya berhenti dalam membatasi konsumsi karbohidrat, kalor,i ataupun memperbanyak makanan yang baik untuk diet, melakukan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan juga penting untuk Anda lakukan. Olahraga sama sekali tidak bisa diremehkan dalam diet.

Beberapa olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan ialah lari, bersepeda, dan renang. Dalam hal ini, Anda bisa menambah intensitas olahraga tersebut dari biasanya agar semakin banyak kalori yang terbakar. 

Jika biasanya dilakukan hanya pada pagi hari, maka Anda bisa menambah untuk sore harinya. Secara sederhana, semakin banyak kalori yang terbuang, maka akan semakin cepat berat badan Anda berkurang.

Olahraga yang banyak membutuhkan gerakan cenderung akan lebih banyak membakar kalori. Setelah mengetahui mengenai cara, manfaat, makanan, serta olahraga untuk menurunkan berat badan, maka penting juga mengetahui bahwa beberapa hal tersebut harus dilakukan secara teratur.

Buatlah keseimbangan antara makanan yang dikonsumsi dan olahraga yang dilakukan agar hasil diet bisa diperoleh secara maksimal. Terlebih jika Anda melakukan diet singkat selama 1 minggu yang biasanya tidak akan bertahan dalam waktu yang lama.

Dengan demikian, anggapan mengenai disiplin kunci utama menurunkan berat badan pada dasarnya merupakan suatu hal yang benar. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena kelalaian dan ketidakdisiplinan dalam menjaga pola makan dan olahraga bisa menyebabkan diet tidak berhasil.