Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Serta Gusi

menjaga kesehatan gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut – Mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut penting untuk mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya pada mulut yang kerap disebut sebagai microbiome oral. Bakteri tersebut dapat berkembang dengan pesat jika kondisi mulut kotor, lembab, ataupun terlalu asam.

Bahkan, bakteri tersebut nantinya tidak hanya berbahaya bagi mulut, melainkan juga dapat mengakibatkan peradangan bagi organ-organ tubuh lainnya. Itu sebabnya, beberapa kebiasaan sehari-hari yang baik untuk gigi dan mulut sangat penting untuk diterapkan.

Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Berikut di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan dalam aktivitas sehari-hari untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut:

  1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali dalam sehari bisa bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi. Tidak cukup menyikat gigi saja, Anda juga disarankan untuk rutin membersihkan lidah setelah sikat gigi.

Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan kuman atau plak yang terdapat dalam lidah agar kesehatan gigi dan mulut bisa terjaga secara utuh.  Berikut ialah teknik menyikat gigi yang baik dan benar:

  • Memposisikan sikat gigi berada dalam sudut 45 derajat menghadap ke arah gusi.
  • Memulai menyikat gigi dari arah depan ke belakang secara pelan dan perlahan.
  • Membersihkan seluruh bagian gigi dengan benar mulai dari luar, dalam, sampai ke permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah.
  • Membersihkan gigi depan bagian dalam menggunakan ujung sikat.
  1. Menggunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Fluorida merupakan salah satu kandungan yang umum dijumpai dalam pasta gigi sebagai bahan yang berkhasiat untuk menguatkan enamel gigi. Selain itu, kandungan fluoride ini juga berkhasiat untuk memerangi pertumbuhan kuman dan mencegah timbulnya gigi berlubang.

  1. Menggunakan Obat Kumur

Tidak hanya ampuh untuk mengatasi bau mulut, obat kumur juga bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati sakit gigi. Dalam hal ini, Anda juga bisa menggunakan obat kumur alami berupa larutan air garam.

Hal tersebut bisa menjadi bahan alami yang bisa digunakan sebagai terobosan lain dalam menjaga kesehatan gigimencegah sakit gigi serta menyembuhkan luka dan meredakan sakit tenggorokan.

  1. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bebas kadar gula termasuk salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi membantu memperkuat gigi, mengurangi plak, dan mencegah munculnya gigi berlubang.

Dalam hal ini, mengunyah permen karet diyakini dapat meningkatkan produksi air liur dalam rongga mulut. Dengan begitu, bisa membantu menghilangkan dan menetralkan asam yang terdapat dalam mulut.

  1. Biasakan Konsumsi Makanan Berserat

Tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, konsumsi makanan berserat juga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur bisa menjadi solusi alami untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

Hal tersebut jauh lebih bermanfaat dibandingkan Anda sehabis makan harus menggunakan tusuk gigi.

Hal yang Harus Dihindari Agar Kesehatan Mulut dan Gigi Tetap Terjaga

Selain menerapkan cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa hal yang perlu untuk dihindari. Berikut ialah beberapa di antaranya:

  1. Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras

Tujuan utama menyikat gigi ialah membersihkan plak dan sisa-sisa makanan yang ada. Namun, jika menyikat gigi dilakukan terlalu keras justru nantinya akan mengikis enamel gigi. Hal tersebut mengakibatkan gigi menjadi lebih sensitif.

Selain itu, cara sikat gigi yang tidak benar justru akan menyebabkan plak semakin menumpuk dan mengeras sehingga mengakibatkan gingivitis (peradangan gusi). Itu sebabnya, menerapkan teknik sikat gigi yang baik dan benar sangat penting untuk dilakukan.

  1. Jangan Merokok

Larangan untuk tidak merokok tidak hanya berlaku untuk menjaga kesehatan organ dalam, melainkan juga penting untuk mencegah timbulnya plak dan beberapa penyakit gusi dan mulut.

Selain berbahaya bagi kesehatan, merokok juga mengakibatkan gigi menjadi kuning dan bibir menghitam.

  1. Membatasi Konsumsi Makanan Manis, Lengket, dan Asam

Membatasi konsumsi makanan manis, lengket, dan asam merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah munculnya karies gigi. Kandungan dalam makanan manis, lengket, dan asam dapat berubah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut. 

Nantinya dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Oleh sebab itu, membatasi makanan manis dan segera menggosok gigi setelah mengkonsumsinya merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Di samping beberapa hal di atas, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi juga sangat dianjurkan. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah gigi dan mulut Anda aman dari ancaman penyakit. Anjuran yang baik ialah melakukan pemeriksaaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Manfaat Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Menerapkan kebiasaan baik sehari-hari dalam menjaga kesehatan gigi, memperhatikan beberapa pantangan, dan rutin melakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi ke dokter merupakan tiga hal yang harus diterapkan. Tujuannya agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Adapun beberapa manfaat yang nantinya akan Anda dapatkan setelah rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi ialah sebagai berikut:

  1. Mencegah Terjadinya Penumpukan Plak

Meski sudah menyikat gigi secara rutin, namun tidak menutup kemungkinan tetap akan terjadi penumpukan plak pada gigi. Hal ini dikarenakan beberapa area mulut dan gigi kemungkinan besar masih terlewatkan.

Seiring berjalannya waktu, plak gigi tersebut akan berubah menjadi karang gigi yang nantinya akan sulit dihilangkan tanpa adanya penanganan khusus dari dokter gigi. 

Dengan begitu, melakukan pemeriksaan dan pembersihan ke dokter gigi secara rutin dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya karang gigi yang sulit dihilangkan.

  1. Mencegah Munculnya Penyakit Gusi dan Mulut

Adanya plak gigi yang dibiarkan dalam waktu yang lama tidak hanya akan mengakibatkan munculnya karang gigi, melainkan juga akan memicu munculnya penyakit gusi dan mulut.

Bakteri yang terkandung dalam plak gigi jika terus dibiarkan dapat mengakibatkan peradangan ataupun pembengkakan pada gusi dan mulut.

  1. Mencegah Bau Mulut

Pemeriksaan dan pembersihan yang dilakukan oleh dokter gigi akan bekerja secara maksimal untuk menghilangkan berbagai bakteri penyebab bau mulut. Area-area mulut yang sulit dijangkau ketika sikat gigi biasa akan dibersihkan oleh dokter gigi secara maksimal.

Dengan begitu, kesehatan gigi akan lebih terjamin dan tentunya Anda akan terbebas dari ancaman bau mulut.

  1. Mendeteksi Dini Adanya Penyakit Gusi

Beberapa penyakit mulut, seperti kanker mulut dan gusi kerap kali dianggap sebagai salah satu penyakit yang dapat berkembang dengan pesat. Bahkan, sebagian orang kerap mengalami penyakit ini tanpa gejala-gejala yang jelas.

Oleh sebab itu, rutin melakukan pemeriksaan pada dokter gigi sangat bermanfaat untuk membantu Anda mendeteksi lebih dini apakah memiliki gejala kanker atau tidak.

Ada banyak manfaat yang nantinya akan Anda peroleh setelah rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Tidak hanya baik untuk kesehatan gigi dan mulut, melainkan juga bisa menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit akibat bakteri yang bersarang di mulut.