Tips Mengenal Jenis Kulit Wajah Anda

jenis kulit wajah

Tips Mengenal Jenis Kulit Wajah

Tips mengenal jenis kulit wajah Anda – bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mengenali jenis kulit merupakan kegiatan yang penting untuk memudahkan dalam membeli produk. Ada lima jenis kulit pada manusia yaitu kulit sensitif, kering, normal, kombinasi, dan berminyak.

Kelima jenis kulit wajah tersebut tentu memerlukan perawatan yang berbeda-beda. Ada beberapa cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengenali jenis kulit wajah. Anda bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini untuk mengetahui jenis kulit wajah.

Mengenal Jenis-Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya

Kondisi kulit pada wajah setiap orang berbeda-beda, ada yang normal, kombinasi, berminyak, kering, dan sensitif. Sebelum membeli produk perawatan wajah, Anda memang harus mengetahui jenis kulit wajahnya terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Kulit Kering

Jenis kulit wajah yang pertama adalah kulit kering dengan tanda kulit akan terasa kering walaupun Anda sudah mandi atau berenang. Kondisi kulit juga mendadak terasa kesat dan terlihat kusam, kasar, pucat, dan gatal. Penyebab kulit kering bisa karena musim atau keturunan.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan kulit Anda menjadi kering adalah suatu kondisi kesehatan tertentu, mengkonsumsi obat-obatan, dan hormon. Cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda lakukan adalah jangan sering mandi menggunakan air panas.

Suhu air panas tidak cocok untuk kulit kering karena kulit akan menjadi lebih kering. Anda juga jangan mandi terlalu lama karena air yang masuk ke kulit akan mengalami penguapan. Durasi mandi yang benar untuk kulit kering adalah 8 sampai 10 menit.

Selain itu, cara kedua adalah dengan mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat kulit menjadi tampak kusam dan mudah terkena iritasi. Air memiliki peranan yang penting untuk menjaga kelembaban kulit.

  1. Kulit Normal

Kulit yang dikatakan normal adalah tidak kering dan tidak terlalu berminyak. Sebum yang dihasilkan pada kulit normal cukup dan bisa menjaga kulit dalam kondisi terhidrasi. Kulit normal mungkin menjadi impian semua orang karena kulit normal tidak mudah muncul noda hitam dan jerawat.

Adapun perawatan yang bisa dilakukan untuk jenis kulit wajah normal adalah rutin mengoleskan pelembab wajah. Pilihlah produk pelembab wajah yang bahan dasarnya air. Memang lebih mudah untuk merawat kulit yang normal daripada jenis kulit lainnya.

  1. Kombinasi

Jenis kulit wajah yang berikutnya adalah kombinasi. Beberapa area wajah tampak terlihat kering dan sisanya terlihat berminyak. Ada tiga daerah pada wajah yang mudah berminyak yaitu dagu, hidung, dan dahi. Sedangkan untuk pipi dan area lainnya pada wajah bisa kering atau normal.

Perawatan kulit kombinasi bisa dengan melakukan menggunakan produk perawatan sesuai dengan jenisnya. Misalnya untuk bagian yang berminyak, Anda bisa menggunakan produk khusus kulit berminyak. Selain itu, bisa menggunakan pelembab pada bagian kulit yang normal atau kering saja.

Memilih produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA serta jangan memakai produk apabila terbuat dari pewangi dan alkohol.

  1. Kulit Sensitif

Jenis kulit wajah yang berikutnya adalah kulit sensitif. Kulit sensitif merupakan kulit yang mudah terkena iritasi dan sangat rawan mengelupas. Ketika bersentuhan dengan produk skincare yang tidak cocok maka kulit menjadi gatal-gatal, terkelupas, menyengat, dan rasanya seperti terbakar.

Perawatan untuk jenis kulit sensitif adalah dengan mengetahui apa saja yang menjadi faktor munculnya iritasi pada kulit. Biasanya karena adanya perubahan suhu, terkena bahan kimia, dan debu. Cobalah menggunakan produk perawatan wajah alami yang mengandung lidah buaya.

Anda juga bisa menggunakan produk lain seperti teh hijau dan chamomile. Jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol, pewangi, dan zat asam. Terakhir adalah cari produk skincare yang memiliki label hypoallergenic.

  1. Kulit Berminyak

Jenis kulit terakhir adalah kulit berminyak yang menghasilkan lebih banyak sebum dibanding jenis kulit lainnya. Memiliki kulit berminyak akan membuat wajah Anda berkilau atau berminyak terutama di bagian dahi dan hidung.

Pori-porinya gampang tersumbat sehingga sering muncul jerawat dan komedo. Tingkat keparahan wajah berminyak memang berbeda-beda untuk setiap orang tergantung faktor genetika. Selain itu, faktor yang membuat minyak berlebih muncul di wajah adalah mudah stress dan perubahan hormon.

Cara mengatasi kulit berminyak yang bisa dilakukan adalah rajin mencuci muka 2 kali dalam sehari terutama ketika berkeringat serta jangan memencet jerawat karena bekasnya akan sulit hilang. 

Selain itu, Anda bisa menggunakan produk kecantikan yang bahan dasarnya air untuk mencegah produksi minyak berlebih.

Tips Mengenal Jenis Kulit Wajah Anda

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk mengetahui jenis kulit. Apakah berminyak, sensitif, kombinasi, normal, atau kering bisa diketahui dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Menggunakan Selotip

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang selotip pada wajah. Anda bisa memulainya dari daun telinga kanan ke daun telinga kiri, melewati bagian hidung. Sebelumnya cuci terlebih dahulu wajah Anda dan bersihkan dengan handuk kering.

Setelah itu, tunggu selama 20 menit lalu mulai memasang selotip, ingat jangan menggunakan produk kecantikan apapun dulu. Setelah selotip terpasang tunggu selama 3 menit dan lihat bagian lengketnya. Apabila kulit Anda kering, maka selotip yang sudah dilepas tampak keruh.

Apabila Anda memiliki kulit yang normal, maka selotip bisa dengan mudah terlepas. Akan tetapi jika kulit berminyak, maka bagian lengket dari selotip akan bergeser karena ada minyak yang menghambatnya menempel pada kulit.

Jika kulit kombinasi, maka selotip yang menempel di bagian pipi nampak kering. Sedangkan untuk selotip bagian hidung akan berminyak. Sementara untuk kulit sensitif, maka wajah akan gatal dan perih setelah selotip dilepas.

  1. Tes Tekanan

Tes tekanan juga bisa menjadi cara lain apabila Anda ingin mengetahui jenis kulit. Caranya mudah Anda tinggal mencubit lembut kulit wajah. Jika segera normal kembali maka jenis kulit Anda bisa berminyak atau normal. Akan tetapi, jika lama kembali normal maka kulit Anda adalah kering.

  1. Kertas Minyak

Kertas minyak juga menjadi salah satu cara mengenali kulit wajah. Caranya adalah dengan menempelkan kertas minyak selama beberapa menit di wajah. Sebelumnya, Anda bisa membersihkan muka terlebih dahulu dan jangan menggunakan produk kecantikan apapun. 

Setelah itu, tunggu sampai 3 jam. Setelah kertas minyak ditempelkan beberapa menit, Anda bisa melihat berapa banyak minyak yang menempel. Jika banyak minyak yang menempel, maka kemungkinan jenis kulit Anda adalah berminyak. 

Jika kulit normal, maka bercak atau bintik minyak yang menempel tidak terlihat jelas. Akan tetapi, apabila kertas minyak tidak bisa menempel pada wajah, berarti kulit Anda kering. 

Untuk kulit kombinasi, berarti pada zona T (dagu, dahi dan hidung) akan muncul minyak. Tes kertas minyak tidak bisa menentukan jenis kulit sensitif.

Apapun jenis wajah Anda baik normal, berminyak, sensitif, kombinasi, dan kering tetap harus melakukan perawatan. Anda bisa mempelajari tips kulit cerah dan glowing untuk berbagai jenis kulit. Setelah mengetahui jenis kulit, maka Anda bisa memilih produk kecantikan yang sesuai.