Apa itu Nutrisi dan Manfaat Nutrisi

manfaat nutrisi

Pengertian dan Manfaat Nutrisi

Apa itu Nutrisi dan Manfaat Nutrisi? – Setiap organisme membutuhkan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya. Pemenuhan nutrisi yang tepat akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Lantas, bagaimana pemenuhan kebutuhan nutrisi anak yang perlu dipahami?

Pembahasan mengenai manfaat nutrisi memang erat kaitannya dengan kesehatan. Bahkan, beberapa penelitian fokus pada upaya pencegahan penyakit kurang gizi atau nutrisi dan upaya pemenuhan nutrisi secara tepat. Untuk tahu lebih dalam tentang nutrisi, silahkan simak informasi berikut ini.

Mengenal Pengertian Nutrisi dari Para Ahli

Apa itu nutrisi? Istilah nutrisi memang sudah cukup familiar di masyarakat. Nutrisi sendiri sering diartikan sebagai sejumlah zat gizi yang bersumber dari bahan pangan yang telah tersedia di alam. 

Nutrisi memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk membangun sel dan jaringan di dalam tubuh.

Manfaat nutrisi juga mendukung berbagai fungsi organ tubuh serta melindungi tubuh dari paparan radikal bebas serta serangan penyakit. Terkait dengan nutrisi, berikut ini adalah beberapa definisi nutrisi yang telah dikemukakan oleh para ahli.

  1. Soenarjo

Menurut Soenarjo, nutrisi adalah suatu ikatan kimia yang keberadaannya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan beberapa fungsi. Keberadaannya sebagai energi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh serta membantu mengatur proses-proses kehidupan.

  1. Hidayat

Menurut Hidayat, manfaat nutrisi bagi tubuh memiliki peran yang sangat penting karena berfungsi untuk menunjang kelangsungan proses tumbuh kembang pada makhluk hidup.

  1. Rock CL

Rock CL menyatakan bahwa nutrisi merupakan sebuah proses yang ada di dalam tubuh manusia dengan menggunakan makanan untuk menghasilkan energi, mempertahankan kesehatan, serta untuk mendukung keberlangsungan fungsi normal dari setiap organ.

  1. Nuwer

Sementara Nuwer menyebutkan bahwa nutrisi merupakan sebuah proses pengambilan zat penting yang ada di dalam makanan.

  1. Uri

Ahli ini menyebutkan secara singkat bahwa nutrisi merupakan semua yang terkandung di dalam suatu makanan sedangkan makanan adalah segala sesuatu yang dimakan.

  1. Supariasa

Supariasa menjelaskan secara lengkap bahwa nutrisi adalah sebuah proses ketika organisme menggunakan suatu makanan yang telah dikonsumsi secara normal melalui proses yang disebut digesti, absorpsi, transportasi, dan penyimpanan.

Metabolisme dan pengeluaran zat-zat tertentu yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, mempertahankan keberlangsungan hidup, serta menjalankan fungsi normal dari berbagai jenis organ dan menghasilkan energi.

  1. Tarwoto dan Wartonah

Ahli ini menyebutkan bahwa nutrisi memiliki fungsi sebagai penghasil energi bagi organ tubuh, gerak maupun fungsi fisik. Selain itu, sebagai bahan untuk membentuk serta memperbaiki sel-sel di dalam tubuh, melindungi serta mengatur suhu di dalam tubuh.

Mengenal Manfaat Nutrisi untuk Tubuh

Nutrisi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua organisme termasuk manusia. Dengan nutrisi, maka organ dan jaringan di dalam tubuh mampu berfungsi dengan baik sehingga menunjang keberlangsungan hidup. 

Lantas, apa saja manfaat dari nutrisi bagi manusia? Berikut ini penjelasannya:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi terdiri dari berbagai macam jenis, yaitu karbohidrat yang menjadi sumber energi, protein yang membangun jaringan, serta lemak yang bisa menjadi cadangan energi. Selain itu, nutrisi juga bisa berupa vitamin maupun mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sendiri sangat penting karena bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Demikian juga sebaliknya, jika asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi dengan baik maka hal itu akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh akan rentan terserang penyakit dan mudah mengalami infeksi.

  1. Mempertahankan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang, maka hal itu akan membantu mempertahankan berat badan. Salah satunya adalah dengan kebiasaan mengkonsumsi sayuran, protein, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran maupun buah-buahan sangat efektif untuk membantu mempertahankan berat badan karena kandungan kalorinya sangat rendah. Demikian juga dengan konsumsi protein dalam jumlah yang tepat.

Konsumsi protein yang cukup akan membantu menurunkan keinginan untuk makan hingga 60%, selain itu dengan konsumsi protein Anda juga akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk mempertahankan berat badan agar tetap stabil.

  1. Melindungi Tulang dan Gigi

Manfaat nutrisi yang ada di dalam makanan, khususnya yang mengandung kalsium, fosfor, serta fluor akan sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan tulang dan gigi. Hal ini membuat kondisi tulang dan gigi tetap kuat bahkan ketika usia sudah tidak muda lagi.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung kalsium maupun fosfor untuk menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Fosfor sendiri bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tulang, sementara fluor bermanfaat mempertahankan massa tulang.

Selain kalsium dan fosfor, ada nutrisi lainnya yang tidak kalah penting untuk tulang di antaranya adalah vitamin C, K, D, dan magnesium. Vitamin C dan D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan tulang.

  1. Sumber Energi dan Vitalitas untuk Hidup

Kebutuhan nutrisi harus dipenuhi dengan baik karena bermanfaat sebagai sumber energi dan vitalitas untuk menunjang aktivitas. Dalam kehidupan sehari-hari, diperlukan banyak energi untuk melakukan berbagai macam kegiatan, tanpa nutrisi yang cukup tentu akan terhambat.

Secara umum, ada banyak jenis nutrisi yang bermanfaat sebagai sumber energi dan vitalitas untuk hidup. Manfaat nutrisi tersebut antara lain adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat tumbuhan, hingga air dengan anjuran minimal 8 gelas sehari.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Kebutuhan akan nutrisi sangat penting karena bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Dengan nutrisi yang terpenuhi dengan baik, maka hal itu akan membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta kemampuan dalam memecahkan masalah.

  1. Meningkatkan Mood

Manfaat nutrisi lainnya mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi nyatanya juga bisa berpengaruh pada suasana hati. Jika Anda rutin mengkonsumsi makanan bergizi, maka hal itu akan sangat baik untuk otak dan membantu menurunkan kadar hormon kortisol yang merupakan hormon stres.

  1. Membantu Memperlambat Penuaan

Setiap orang tentu ingin terlihat tetap awet muda, namun hal itu tidak akan terjadi jika Anda tidak memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Manfaat nutrisi agar kondisi tubuh tetap fit dan bugar, maka Anda bisa mengatur pola makan yang sehat dengan nutrisi seimbang.

Nutrisi yang efektif untuk memperlambat penuaan terdapat dalam berbagai jenis makanan, mulai dari sayuran hijau, buah-buahan seperti blueberry, hingga kacang-kacangan. Kandungan nutrisi dalam makanan tersebut mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel.

Faktor yang Mempengaruhi Nutrisi

Pada dasarnya ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi nutrisi, di antaranya adalah seperti berikut ini:

  • Faktor fisiologis yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan metabolisme basal.
  • Faktor patofisiologi yang berkaitan dengan adanya penyakit atau keluhan tertentu yang meningkatkan kebutuhan nutrisi.
  • Faktor sosioekonomi yang berkaitan dengan kemampuan individu dalam  memenuhi asupan nutrisi.

Nutrisi merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kinerja, metabolisme dan fungsi organ tubuh sehingga mendukung keberlangsungan hidup. Manfaat nutrisi adalah agar tubuh tetap sehat dan organ berfungsi secara optimal, maka asupan nutrisi sehari-hari harus dipenuhi dengan baik.