Manfaat Memiliki Gigi yang Sehat

gigi yang sehat

Manfaat Memiliki Gigi yang Sehat

Manfaat Memiliki Gigi yang Sehat – Memiliki gigi yang sehat dan kuat merupakan harapan semua orang, baik wanita maupun pria. Salah satu manfaat memiliki gigi yang sehat ialah dapat meningkatkan rasa percaya diri karena senyum bisa lebih lepas dan terhindar dari bau mulut.

Memiliki gigi yang sehat secara tidak langsung juga menjadi cerminan dari kesehatan tubuh lainnya. Hal itu dikarenakan gigi dan mulut merupakan perantara pertama makanan dan minuman sebelum dicerna ke dalam tubuh.

Bagaimana Ciri-Ciri Gigi yang Sehat?

Pada umumnya, gigi yang sehat dan kuat memiliki beberapa ciri-ciri. Berikut ialah di antaranya:

  1. Tidak Dijumpai Plak

Dalam gigi yang sehat, tidak akan dijumpai plak akibat tumpukan dari sisa-sisa makanan karena malas menyikat gigi.

  1. Gigi Berwarna Putih

Warna gigi putih merata menandakan bahwa gigi tersebut sehat. Berlaku juga sebaliknya, jika gigi berwarna kekuningan, maka gigi tersebut tidak sehat. Pada umumnya, gigi kuning disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebiasaan makan dan minum ataupun merokok.

  1. Tidak Ngilu

Pada umumnya, gigi akan terasa ngilu jika didapati lubang di dalamnya ataupun karena gigi telah berubah menjadi sensitif. Itu sebabnya, dalam gigi yang sehat tidak akan dijumpai rasa ngilu.

Apa Saja Manfaat Memiliki Gigi Sehat dan Kuat?

Manfaat memiliki gigi yang sehat salah satunya yakni mampu merasakan kenikmatan makanan dan minuman karena gigi Anda terbebas dari rasa ngilu dan beberapa pantangan makanan. 

Gigi yang sehat nantinya akan menjalankan fungsinya dengan baik sekaligus memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika Anda memiliki gigi yang sehat dan kuat ialah sebagai berikut:

  1. Menjaga Daya Ingat

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengenai apa hubungan gigi sehat dan daya ingat yang baik? Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa orang-orang yang memiliki peradangan gusi akan memiliki daya ingat yang rendah dibandingkan orang-orang dengan gigi yang sehat. Itu sebabnya, menjaga kesehatan gigi dan gusi merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan.

  1. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Adanya bakteri atau plak yang menumpuk pada gigi mengakibatkan tingginya resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kumpulan bakteri tersebut tidak hanya menyebabkan peradangan gusi, melainkan dapat masuk sampai ke aliran darah.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Salah satu manfaat yang paling menonjol ketika memiliki gigi yang sehat ialah bisa meningkatkan rasa percaya diri. Dengan gigi yang sehat, maka Anda bisa tersenyum dengan bebas.

Tidak hanya berpenampilan menarik, syarat mencari pekerjaan juga kerap menggunakan gigi yang sehat sebagai salah satu tolok ukurnya. Itu sebabnya, menjaga kesehatan dan kekuatan gigi merupakan suatu hal yang tidak bisa Anda anggap remeh.

  1. Nyaman Ketika Berkomunikasi

Memiliki gigi yang sehat juga bisa membuat Anda nyaman ketika berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan gigi yang sehat pasti akan terhindar dari bau mulut yang kerap kali membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman.

Apa Saja Pentingnya Memiliki Gigi yang Sehat bagi Kesehatan Tubuh?

Di samping beberapa manfaat yang telah dijelaskan, memiliki gigi yang sehat juga memiliki arti penting bagi kesehatan tubuh. Berikut merupakan penjelasan mengenai pentingnya gigi sehat untuk kesehatan tubuh:

  1. Dapat Mengurangi Resiko Peradangan dan Infeksi dalam Tubuh

Kesehatan gigi dan mulut yang baik telah terbukti berpengaruh terhadap peradangan dan infeksi dalam tubuh. Salah satu penelitian telah menyatakan bahwa gusi yang sehat dapat menjauhkan dari rheumatoid arthritis atau penyakit autoimun yang mengakibatkan peradangan sendi.

Meski sebagian orang menganggap bahwa penyakit gigi dan mulut itu sepele, namun pada dasarnya terdapat beberapa keterkaitan dengan kesehatan organ dalam. Hal tersebut dikarenakan gigi dan mulut merupakan perantara pertama makanan dan minuman sebelum dicerna oleh tubuh.

  1. Membantu Menjaga Keseimbangan Gula Darah dalam Tubuh

Penyakit gigi dan gusi kerap kali dirasakan oleh orang-orang yang memiliki riwayat diabetes. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi dalam tubuh menjadikan seseorang kurang mampu melawan infeksi, termasuk infeksi penyebab sakit gigi dan gusi.

Dengan begitu, seseorang dengan kadar gula darah tinggi atau memiliki riwayat diabetes akan lebih mudah terserang penyakit gigi dan gusi dibandingkan orang non diabetes. Hal ini nantinya juga dapat berakibat pada naiknya gula darah dalam tubuh.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang harus diperhatikan dengan baik. Rutin menyikat gigi dengan teknik dan pasta gigi yang benar, menghindari makanan pemicu sakit gigi, serta rutin melakukan pemeriksaan merupakan langkah yang bisa diterapkan sejak dini.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa adanya penyakit gigi dan mulut selama hamil kerap kali berpengaruh terhadap kelahiran prematur atau rendahnya berat badan saat kelahiran.

Meski tidak semua penelitian menyatakan demikian, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap menjaga kesehatn gigi dan mulut dengan baik selama masa kehamilan. Apalagi dalam hal membatasi makanan dan minuman yang tidak dianjurkan selama mengandung.

Dengan gigi dan mulut yang sehat, maka asupan gizi dan nutrisi bayi yang diperoleh dari konsumsi ibu hamil juga akan diperoleh secara maksimal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri, manfaat, dan pentingnya memiliki gigi yang sehat dan kuat bagi tubuh. Selain memahami penjelasan di atas, tidak kalah pentingnya jika Anda juga mengetahui mengenai bagaimana cara perawatan gigi yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Perawatan Gigi yang Baik dan Benar?

Dengan cara perawatan yang benar, maka nantinya Anda dapat merasakan beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas. Pada dasarnya, merawat gigi dan mulut dengan cara yang benar bukanlah suatu hal sulit, terlebih jika Anda sudah terbiasa melakukannya dalam aktivitas sehari-hari.

Adapun salah satu cara perawatan gigi dan mulut yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan ialah rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari dengan benar. Dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi dengan kandungan anti bakteri dan sikat gigi yang lembut.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya pembentukan plak akibat bakteri yang menumpuk sekaligus mencegah terjadinya iritasi. Untuk tekniknya, Anda bisa menyikat gigi secara memutar mulai dari bagian depan, belakang, sampai permukaan gigi yang biasa digunakan untuk mengunyah.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan bantuan benang gigi dan obat kumur minimal seminggu sekali agar dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. 

Tidak hanya itu, melakukan konsultasi dan pemeriksaan secara rutin minimal 6 bulan sekali juga bisa membantu Anda dalam menciptakan perawatan gigi dan mulut secara maksimal.

Rutin melakukan periksa juga dapat membantu Anda untuk mengetahui diagnosa awal penyakit dalam gigi dan mulut. Memiliki gigi yang sehat memang memiliki banyak manfaat bagi diri. Oleh karena itu, jangan sampai menyepelekan masalah kesehatan gigi.