7 Makanan Bergizi Untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

makanan bergizi

Makanan Bergizi Untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Makanan Bergizi Untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi – Makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit dan tetap bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan upaya agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Memangnya, apa yang dimaksud dengan makanan bergizi?

Konsumsi makanan bergizi akan membantu menunjang kinerja organ sehingga mampu berfungsi secara optimal dan tubuh semakin sehat. Dalam hal ini, makanan harus mengandung gizi seimbang. Lantas, apa saja jenis makanan bergizi yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh?

Apa Itu Makanan Bergizi?

Pada dasarnya makanan bergizi adalah makanan yang mengandung nutrisi seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan nutrisi di dalam makanan bergizi terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serat, serta air.

Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh merupakan hal yang sangat penting karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan Bergizi Untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap hari harus dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan. Makanan bergizi tidak selalu makanan yang mahal dan mewah karena yang terpenting mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti berikut ini:

  1. Karbohidrat

Tubuh senantiasa membutuhkan asupan karbohidrat untuk mendukung kesehatannya. Hal ini dikarenakan karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, bahan bakar sistem saraf pusat, otak, dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

  1. Protein

Protein memiliki peran yang sangat penting untuk pembentukan seluruh bagian tubuh, mulai dari sel, jaringan, tulang, rambut, hingga otot. Setidaknya, 16% dari berat badan terbentuk dari protein, termasuk antibodi, hormon, serta substansi penting lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan protein ini, Anda harus mengkonsumsi asam amino yang bisa didapatkan dari jenis makanan seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, hingga gandum.

  1. Lemak

Lemak sehat memiliki peran yang penting bagi tubuh karena membantu penyerapan vitamin, pergerakan otot, pembentukan sel, serta proses pembekuan darah. Selain itu, juga membantu menjaga kadar gula darah, meningkatkan fungsi otak, dan menurunkan resiko penyakit jantung.

  1. Vitamin

Tubuh membutuhkan 13 vitamin esensial yang memiliki fungsinya masing-masing di dalam tubuh. Vitamin juga merupakan sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari serangan penyakit.

  1. Mineral

Mineral memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta membantu pembentukan sel darah merah dan hormon. Misalnya, pada mineral jenis kalsium dan zat besi.

  1. Serat

Serat bisa ditemukan di dalam sayuran, buah, maupun biji-bijian. Konsumsi serat sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat, memaksimalkan penyerapan nutrisi, mengontrol gula darah, mencegah penyakit jantung, serta menjaga daya tahan tubuh.

  1. Air

Perlu diketahui bahwa sekitar 62% berat badan merupakan cairan. Oleh karena itu, asupan cairan bagi tubuh sangatlah penting. Dengan asupan yang cukup, maka fungsi otak akan bekerja optimal dan suasana hati menjadi lebih baik.

Mengapa Kita Harus Makan Makanan Bergizi?

Mengkonsumsi makanan dengan panduan gizi seimbang sangat penting karena beberapa alasan kesehatan, seperti berikut ini:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral penting di dalam makanan bergizi akan sangat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalannya sehingga terhindari dari resiko serangan penyakit.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang kaya serat dan rendah lemak akan membuat usus tetap sehat. Dengan begitu, proses pencernaan dan metabolisme tubuh bisa berlangsung dengan baik dan optimal.

  1. Membuat Suasana Hati Lebih Baik

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa konsumsi makanan dengan gizi seimbang akan berpengaruh pada suasana hati yang lebih positif. Ketika perut kenyang dengan nutrisi yang baik, maka pencernaan juga akan baik dan memberikan energi positif ke seluruh organ tubuh.

  1. Meningkatkan Memori Otak

Konsumsi makanan yang bergizi dengan kandungan vitamin C, D, E, omega-3, polifenol, dan flavonoid akan bermanfaat untuk melindungi dari resiko penurunan kognitif. Makanan yang bergizi mampu memberikan efek positif bagi kesehatan otak dan menguatkan memori otak.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi akan membantu mengendalikan tekanan darah. Hal ini akan membuat tekanan darah tetap stabil dan menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Makanan dengan gizi seimbang yang mengandung kalsium dan magnesium yang cukup tinggi akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, juga akan membuat Anda terhindar dari resiko osteoporosis.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sementara konsumsi makanan bergizi mampu meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang setiap harinya.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Makanan yang bergizi dengan kandungan serat dan protein nabati akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Itulah mengapa sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran, buah, sumber protein nabati, serta biji-bijian.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Makanan yang bergizi dengan kandungan beta karoten, antioksidan, serta vitamin A mampu membantu menurunkan resiko kanker. Pasalnya, zat antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang memicu terjadinya kerusakan sel.

Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi pada ibu hamil akan semakin meningkat karena gizi yang masuk ke dalam tubuh juga diserap oleh janin yang dikandung. Oleh karena itu, ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsinya agar tumbuh kembang janin semakin optimal.

Bagi ibu hamil, ada beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Makanan tersebut antara lain adalah:

  1. Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak serta sistem saraf pada janin. Konsumsi asam folat juga akan menurunkan resiko keguguran, anemia, dan bayi lahir cacat.

Kebutuhan asam folat bisa didapatkan dari suplemen asam folat, sayuran hijau, kacang-kacangan, jeruk, sereal, atau gandum.

  1. Protein

Protein bagi ibu hamil sangat penting karena membantu proses pembentukan sel dan jaringan tubuh, perkembangan otot, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Protein bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, telur, ikan, dan unggas.

  1. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan membawa oksigen pada janin yang dikandung. Zat besi juga menurunkan resiko anemia pada ibu hamil yang bisa memicu resiko kelahiran prematur. Zat besi bisa didapatkan dari daging, bayam, seafood, dan telur.

  1. Serat

Serat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi pada tubuh. Selain itu, konsumsi serat juga membantu menurunkan resiko preeklampsia pada ibu hamil. Serat bisa didapatkan dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D sangat penting bagi ibu hamil karena membantu pembentukan tulang dan gigi. Kalsium dan vitamin D bisa didapatkan dari susu, keju, yoghurt, telur, dan berjemur sinar matahari. 

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi ibu hamil dan janin yang dikandung. Oleh karena itu, kebutuhannya harus terpenuhi dengan baik. Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari kacang-kacangan, oatmeal, pisang, dan sayuran.

Mengkonsumsi menu makanan sehat dan bergizi sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Dengan asupan gizi seimbang, maka kinerja organ tubuh akan semakin optimal dan tubuh memiliki sistem kekebalan yang baik sehingga tidak mudah sakit.