5 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

mencegah penuaan dini

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

Cara Mencegah Penuaan Dini – Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara tepat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Banyak orang melakukan perawatan wajah untuk penuaan dini. Ada juga bahan alami untuk mencegah penuaan dini yang bisa Anda terapkan rutin.

Penuaan dini bisa menyerang siapa saja, mulai dari laki-laki dan perempuan. Lalu, penuaan dini juga menandakan bahwa seseorang tersebut sudah tidak muda lagi. Hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan terutama bagi orang yang sangat mementingkan kulit.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Munculnya tanda penuaan dini memang membuat kepercayaan diri seseorang menjadi berkurang. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

  1. Minyak Kelapa

Bahan alami pertama yang akan membantu Anda untuk mencegah penuaan dini adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang juga dapat digunakan untuk menjaga kelembaban kulit Anda.

Kandungan di dalamnya dapat digunakan untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah. Salah satu tanda bahwa wajah mengalami penuaan dini adalah munculnya kerutan. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke jaringan kulit.

Tidak hanya itu, kandungan minyak kelapa juga dinilai dapat membantu menghilangkan garis halus di dahi. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, Anda cukup menuangkan sedikit minyak kelapa lalu usapkan di wajah dan dahi kemudian dipijat perlahan. Anda bisa membilasnya setelah semalam.

  1. Buah Pisang

Bahan alami kedua yang juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini adalah buah pisang. Pisang dapat dibuat sebagai masker wajah dan sudah dilengkapi dengan berbagai macam kandungan seperti vitamin E dan vitamin A.

Kedua kandungan tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam pada kulit wajah Anda dan mengurangi munculnya garis halus. Kulit Anda juga akan tetap dalam kondisi lembab jika menggunakan masker pisang.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, Anda hanya harus menyediakan pisang dan dihancurkan. Kemudian, tambahkan satu sendok air mawar dan aplikasikan langsung pada wajah. Anda bisa membilasnya setelah mendiamkannya selama 15 menit sampai setengah jam.

  1. Kentang

Makanan yang dapat mencegah penuaan dini yang berikutnya adalah kentang. Di dalam kentang mengandung mineral yang bisa digunakan sebagai antibiotik. Kemudian kentang akan bekerja untuk memperlambat munculnya tanda penuaan dini.

Anda juga bisa menggunakan kentang untuk menghilangkan kulit mati dan memproses regenerasi pada kulit wajah. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, Anda hanya memerlukan kentang rebus yang dihaluskan dan 2 sendok makan susu, aduk sampai berbentuk menjadi pasta.

Kemudian, jadikan kentang halus tersebut sebagai masker pada wajah. Anda hanya cukup mendiamkannya selama setengah jam lalu bilas memakai air yang bersih.

  1. Kunyit

Bahan alami keempat yang mudah didapatkan dan bisa digunakan untuk mengatasi penuaan dini adalah kunyit. Kunyit adalah bumbu masak yang memiliki sifat antioksidan serta anti inflamasi sehingga cocok untuk mengurangi terjadinya penuaan dini.

Sifat kunyit yang lain adalah anti mutagenik yaitu kunyit dapat digunakan untuk melindungi kulit wajah dari terkena paparan sinar matahari. Selain mencegah adanya penuaan dini, bahan alami ini juga bisa mengencangkan kulit wajah.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, Anda hanya menyediakan air mawar sebanyak 3 sendok teh lalu campurkan dengan bubuk kunyit. Oleskan pada seluruh permukaan leher dan wajah lalu biarkan dulu hingga 20 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan memakai air dingin.

  1. Menggunakan Serum

Serum juga bisa digunakan untuk menghilangkan tanda penuaan dini. Anda bisa mencari rekomendasi serum untuk mencegah penuaan dini yang sudah banyak tersebar di mana-mana. Tentunya, pastikan kandungan di dalam serum sesuai dengan jenis kulit Anda.

Apa yang Menyebabkan Penuaan Dini?

Banyak yang bertanya-tanya apa saja penyebab dari penuaan dini pada wajah? Tentu hal ini penting untuk diperhatikan karena kebiasaan-kebiasaan di bawah bisa mencegah penuaan dini dan menjadikan Anda mengalami penuaan dini lebih cepat.

  1. Sering Marah

Kebiasaan yang harus Anda hindari sejak dini adalah sering mengomel atau marah-marah. Selain marah, stres yang tidak terkendali dan dendam bisa memunculkan penuaan dini lebih cepat. Selain itu, Anda juga akan mengalami gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, cobalah untuk perlahan-lahan mengubah kebiasaan buruk Anda yang sering marah-marah. Mulailah untuk belajar hidup santai dan jangan terlalu keras pada diri sendiri. Fisik juga akan ikut berubah apabila Anda terlalu sering marah-marah, seperti dahi yang sering berkerut.

  1. Salah Posisi Tidur

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah posisi tidur juga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Ketika Anda sedang tidur, kulit akan melakukan regenerasi. Anda bisa mengatur posisi tidur miring dengan menggunakan sarung bantal yang nyaman, seperti terbuat dari satin.

  1. Sering Makan Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji menjadi pemicu nomor tiga dari penuaan dini. Boleh saja Anda mengkonsumsi junk food, akan tetapi jangan terlalu sering. Selain tidak sehat untuk tubuh, juga tidak sehat untuk kulit wajah Anda.

Makanan cepat saji memiliki gizi yang rendah dan tinggi akan kandungan MSG. Efek dari MSG tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menjaga kesehatan dengan tidak terlalu sering makan makanan cepat saji.

Penting rasanya untuk menjaga tubuh dari makanan cepat saji karena bisa menyebabkan penuaan dini dan penyakit jantung koroner. Selain mencegah penuaan dini, Anda sebaiknya juga mencari tahu bagaimana cara mengatasi kulit belang.

  1. Mengkonsumsi Minuman Tidak Sehat

Penyebab keempat dari penuaan dini adalah karena Anda terlalu sering mengkonsumsi minuman yang tidak sehat, salah satunya adalah soda. Tidak apa-apa sebenarnya, akan tetapi jangan terlalu sering karena hal tersebut berbahaya untuk kulit wajah.

Sama seperti alkohol yang tidak menyehatkan, soda juga dinyatakan bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan fungsi di otak. Tentu hal tersebut sangat mengkhawatirkan, bukan? Sebaiknya, Anda beralih ke minuman yang lebih sehat seperti air putih, teh herbal, dan smoothies.

Ciri-Ciri Kulit Mengalami Penuaan Dini

Selain mengetahui bagaimana cara mencegah penuaan dini dan apa penyebabnya, Anda juga harus tahu bagaimana ciri-cirinya. Ciri-ciri pertama adalah munculnya bintik hitam pada wajah. Bintik hitam tidak hanya muncul pada wajah saja, tetapi juga pada lengan bagian bawah dan punggung tangan.

Ciri-ciri kedua adalah rambut Anda jadi sering rontok hal tersebut diakibatkan oleh adanya sel induk yang tidak berfungsi atau mati. Beberapa hal yang mempengaruhi terjadinya rambut rontok adalah genetika, pola makan pengaruh lingkungan, dan adanya perubahan pada hormon.

Penuaan dini adalah hal yang membuat Anda tidak percaya diri ketika berada di luar. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan perawatan wajah yang benar agar mengurangi munculnya tanda penuaan dini. Selain penuaan dini, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan bruntusan.